Trip ke Karimun Jawa

Trip Ke karimun Jawa

Agustus…. Project kerja lagi gila-gilaan, estimasi kelar November. Dalem hati, kelar project mesti banget nih segerin pikiran dari kerjaan.. a.k.a holiday.. Iseng-iseng liat kalender. Dan ketemu lah Harpitnas 19 November 2018.. tanpa pikir panjang, gw langsung wa grup temen-temen..
Setelah gw idein ke karimun jawa, ternyata temen-temen gw langsung pada mau, yaudah kita cari temen lagi kata temen gw yang lain, secara ini grup Cuma cewe bertiga aja. Ga lama, dapet lah temen cowo.. dan jadi guardian kita para cewe-cewe.. hahaha.. Ni cowo temen satu kerja juga ma gw, orangny asik, udah biasa aja juga ngetrip yang jauh-jauh doi.. kata temen gw malah doi pernah ke Kalimantan sendirian buat observasi OrangUtan. Wow, jiwa petualang dan lingkungan banget.
Meeting kecil-kecilan dan searching-searching, diputuskanlah pake EO. Kenapa pake EO, karena kita belum pengalaman kesana dan digrup kebanyakan cewe-cewe, biar praktis dan dapet fun nya. Rencana nginep 3 hari 2 malem
Tiba lah hari H…
Pulang kerja hari jumat, dari tempat kerja gw ke kosan temen gw.. mandi bentar langsung cus naek motor ke stasiun Bekasi. Gw titipin motor gw ditempat penitipan, kira-kira 4 hari ya jatohnya.. dalem ati yah, lumayan ini mah biaya nya 1 hari 15 rebu
Nyampe distasiun kita ketemuan ama temen-temen.. akhirnya berngkat deh tuh dari stasiun bekasi ke stasiun senen.. sampe stasiun senin jam 8 nan malem. Terus solat, makan, dll.. naek kereta yang ke jurusan semarang deh tuh.. kelas ekonomi AC, lumayan enak sih menurut gw..
Sampe distasiun Semarang jam 3.30 pagi, istirahat dulu deh tuh, ke toilet bentar, terus ga lama kita minta jemput ama orang EO nya. Dijemput, terus kita mampir solat subuh dijalan. Terus mampir-mapir sarapan, nyampe-nyampe dipelabuhan karimun jawa (Jepara) sekitar jam 8.30 pagi.. lumayan kan perjalananya, jauh juga dari semarang ke Jepara. Jadwal kapal jam 10 an.. kita istrahat dulu tuh, solat duha, foto-foto, dll,.. tiba jam 9 lewat, kapal udah siap, kita check in deh ke kapal, terus disuruh bayar tiket ke Kariumn sekitar 10  rb an kalo ga salah ya. Pas gw liat tiketnya, gw pisah dari temen-temen gw. Yaudah lah gapapa, disepanjang jalan gw kegerahan banget, AC nya mati di kapal, pengap dan lembap banget,ada bule-bule juga, malah tu bule pada ngadem di depan AC yang masih bisa berfungsi. Alhasil pada kegerahan yang laen deh.
Gaess,, such a beautiful place.. indah banget, setiba di Karimun Jawa
Sampe dermaga, pada nyamperin deh tuh orang yang mau jemput, EO banyak juga ya disana.
Akhirnya ketemu deh ama EO kita disana, perkenalan singkat, terus kita nunggu sebentar, ternyata ada rombongan lain juga.. dan rombongan lain itu ternyata tadi 1 kapal dengan rombongan gw.
Terus dianterin ke Homestay, lumayan bersih tempatnya, deket dari dermaga dan alun-alun lagi. Jalan 5 menit nyampe.

Day 1
Spot 1 (Penangkaran Hiu)
Hiu nya kecil-kecil dan ada beberapa ikan lainnya. Hiunya malu-malu ga mau deket-deket. Untuk foto-foto dengan ikan hiu ini dikenakan tarif 30 ribu (diluar tarif EO)

Spot 2 (Spot Maer)
Setelah selesai foto-foto manja di pengakaran hiu akhirnya pun rombongan gw naek perahu lagi, dianterin lah kita ke spot maer di pulau menjangan kecil. Sejauh mata memandang ke bawah, gw ga henti-henti nya memuji keagungan Tuhan, indah banget. Jernih banget lautnya ampe dasar nya keliatan. Di spot ini hari pertama kita snorkeling. Alat snorkeling dan pelampung serta kaki katak sudah termasuk biaya EO. Di spot maer dari jam 14.00-15.30

Spot 3 (Tanjung )
Dispot ini terhampar pasir putih dan kita disajikan sore yang begitu indah

Setelah sore menjelang, kami diantarkan kedermaga dan pulang ke homestay. Sampai di homestay dengan perut lapar sangat karena seharian di laut, oleh pihak EO sudah disajikan makan malam dimeja makan. Wow, bahagia sekali :D

Day 2
Hari kedua di Karimun Jawa disambut oleh hujan rintik-rintik. Sembari memandang keluar dari Jendela dalam ati berkata, yah sayang banget udah jauh-jauh kesini ujan. Hiks
Tapi alhamdulillah ya, hujan nya ga lama. Jam 8 udah berhenti dan perlahan-lahan matahari ga malu malu lagi menampakkan diri. Ketika mulai terang kita dijemput oleh team EO. Setelah sarapan kita siap-siap snorkeling lagi.

Spot 1 (Spot Gosong)
Di spot gosong terumbu karangnya bagus-bagus

Spot 2 (Pulau Cemara kecil)
Di pulau ini kita beristirahat sejenak, sembari menyantap ikan bakar yang langsung ditangkap dari laut. Plus minum air kelapa yang segar sekali. Nikmat mana yang kau dustakan.

Kapal yang bersandar di pantai Pualu cemara kecil

Spot 3 (spot alang-alang)
Dispot ini kita bisa nemuin ikan nemo. Tapi pas gw kesana ikan nemonya sedikit

Spot 4 (Pantai pasir)

Sebenarnya agak lupa nih pulau apa, jadi disini kita bisa mengunjungi tempat ini kalau lagi surut aja. Kalo lagi surut itu pantainya keliatan. Pasirnya pasir putih, airnya jernih banget, biru muda. Disini kita juga disajikan sunset yang indah

Setelah spot 4 kita diantar ke homestay, malam-malamnya agendanya jalan-jalan ke alun-alun sambil jajan seafood bakar. Dan beli oleh-oleh

Day 3

Pagi acara bebas.  Bisa copy foto-foto underwater dari EO, jangan lupa siapin flashdisk jaga-jaga memory hp ga cukup. Setelah siang dijemput EO untuk diantar ke dermaga. Dan akhirnya kita pulang. So far pengalaman ke Karimun Jawa ini bener-bener indah banget dan bikin gw ketagihan untuk snorkeling. Rela item keling mantai karena emang worth it banget view nya. Pakai EO 3 hari 2 malam biayanya sekitar 800 ribu. Sudah homestay 2 kamar, makan 6x, sewa kapal, alat-alat snorkeling dan foto underwater. Kalo mau kesana perhatikan juga cuacanya ya, kalau bisa ketika tidak musim hujan, karena penyebrangan akan ditunda bila cuaca buruk.