Pengalaman Proses Rekruitment Di Panasonic Gobel

            Alhamdulillah keterima kerja juga setelah 4 bulan nganggur dan tes sana sini ga berhasil juga. Eeeh akhirnya keterima juga di PT Panasonic Gobel di Cibitung. Proses rekruitmentnya lumayan panjang. Ini di tes kesungguhan juga. Saya udah 2 kali melayangkan surat lamaran ke PT ini. Pertama pas liat iklannya di jobsdb.com bulan September buat bagian Purchasing, saya kasih tau temen yang lagi jobseeker juga. Akhirnya kita bareng-bareng ngirim lamaran via email dan pos juga *niat banget yah :D . Sepuluh hari kemudian temen saya yang dipanggil buat interview pertama.  Dan saya??? Tidak. Oh, hopeless melanda. Sedih, kenapa saya ga dipanggil *bertanya-tanya dalam hati. CV udah lengkap, Amplop udah dikodein, mencoba menghibur hati. Mungkin emang belum rejeki

            Oktober… temen saya sudah keterima di Panasonic setelah mengikuti sekian lama prosesnya. Dengan berat hati saya buka jobsdb lagi. (udah hampir bosan nyari-nyari lowongan). Dan ternyata saya nemuin halaman yang memuat lowongan kerja di Panasonic. Wow, dalem ati masih buka lowongan juga nih PT. Padahal kata temen saya udah close buat bagian ini. Soalnya kemarin barengan dia udah keterima juga bagian ini. Yaitu bagian Oracle Staff. Liat kualifikasinya ya lumayan cocok. Dan tenggat waktu pengiriman berkas lamaran paling lambat 2 hari lagi. Ini mah kudu cepet-cepet. Akhirnya saya langsung kirim lamaran saya via email. Dan entah kenapa saya dapet mailer daimon terus yang isinya pesan saya tidak berhasil kekirim. Saya coba dengan email lain dengan domain yang berbeda. Namun hasilnya tetap saja, tidak berhasil terkirim. Dan langsung saja saya siapin CV dan lamaran saya. Rencana mau kirim via pos, namun karena sudah sore jadi saya niatkan besok saja. Akhirnya besok pun saya langsung mengirimnya via pos.
           
            Sepuluh hari kemudian saya dapet sms dari HRD Panasonic. Hampir ga percaya. Alhamdulillah kepanggil juga. Dapet invitationnya juga  di email. Saya pun ngecek email. Di emailnya ada note pelajarin tentang database oracle. Karena emang niat banget ya akhirnya saya pelajarin tentang manajemen database Oracle. Hari interview pun tiba. Saya liat absen pelamar ada 18 orang. Namun yang hadir ada 10 orang. Dan ternyata kebanyakan dari mereka belum pernah bekerja. Alias masih fresh grad. Ooh, saingan berkurang. Hehe .. Dan pengumuman langsung diumumin hari itu juga. Alhamdulillah saya lulus di interview pertama. Hanya 2 orang yang lulus.

Alhamdulillah saya diberi kemudahan dalam mengikuti proses-proses berikutnya. Sampai keterima di proses akhir. Urutan prosesnya :
  1. Screening Global test & Pra Interview
  2. Medichal cek up
  3. Tes tertulis
  4.   Psykotes
  5. Interview akhir

Untuk tes tertulisnya (point 3) di tahap akhir nanti ada tes tentang kejuruan masing-masing. Jadi usahain kita bisa kuasain materi pas kuliah dulu.

Nanti kalo udah OJT 6 bulan dan  3 bulan karyawan percobaan, baru deh bikin persentasi dan tugas akhir gitu nanti kalo di accept sama atasanya bisa diangkat karyawan tetap. Hope I can do it well !!

Sekarang saya masih nunggu untuk jadwal orientasinya. Mudah-mudahan kedepannya lancar.
Padahal saya tadinya udah pesimis, tapi bener ya pepatah bilang “ kalo rejeki tak akan kemana”. Hehe, dan itu akhirnya pun terbukti. Rencana Allah itu yang paling the best J.


Komentar

  1. Ka? Kalo ada lowongan lulusan smk dipanasonic minta kabarnya yah ka. Hehe

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. bismillah otw ngelamar di PT.panasonic

    BalasHapus
  4. Kasih tips dong kak
    Supaya cepat ke panggil dan lulus tes pt panasonick
    Mksh

    BalasHapus
  5. ka. aku kan matematika nya gk bisa. kira" ada peluang untuk diterima gk sih?

    BalasHapus
  6. Gan mau tanya dong, klo untuk info pemberitahuan setelah tes tertulis ke interview akhir itu lama gak yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama nih gan ane juga lagi nunggu info stelah tes tertulis ke intvw akhir.. ente udh diinfoin gan?

      Hapus
    2. Belum gan,, minta nomer WA gan, buat kita sharing sharing

      Hapus
    3. Di email ane aj gan fajar.bakti10@gmail. com

      Hapus
  7. Belum gan, ,minta nomer WA gan,, buat kita sharing sharing

    BalasHapus
  8. Hallo Ka Aku baru baca blog kaka tahun ini 2020 .. aku mau tanya dong ka.. Pertanyaan apa aja yang di berikan HRD pada saat interview di pt panasonic

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Filter Aquarium Sendiri

Mengurangi nyeri saat haid