Membuat Filter Aquarium Sendiri

Kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat filter aquarium hand made. Ini sih berdasarkan pengalaman saya karena aquarium saya cepat sekali kotor. Padahal sudah saya pasang filter atas yang saya beli ditoko. Mungkin karena media atau saya kurang maksimal memakainya. Jadi saya memutuskan untuk bereksperimen sendiri. Hehe. Bisa irit juga loh.
Simple sekali filter ini karena saya buat dengan menggunakan toples. Yang didalamnya saya isi beberapa macam media filter.

Peralatan yang digunakan :
  1. Toples
  2. Selang
  3. Power Head
  4. Pipa saluran/ sokdrat juga bisa
Medianya (urutan dari atas ke bawah) :
  1. Dakron/Kapas
  2. Batu Ziloit
  3. Spons  (disini saya menggunakan spons hitam)
  4. Carbon Aktif
  5.  Dakron
  6.  Spons
    
  •     Dakron


  • Batu Ziloit


  • Spons Hitam


  • Carbon Aktif



Cara membuatnya gampang, pertama lubangi toples dibagian agak bawahnya (tapi jangan sampai bawah banget ya) dengan cara toples dipanaskan diatas api, tapi  jangan terlalu lama, karena nanti lobangnya takut kebesaran, setelah agak panas toplesnya baru ditusuk menggunakan obeng, ini supaya toplesnya bisa bolong , sesuaikan ukuran lobangnya dengan pipa salurannya ya. Setelah terbentuk lobang lalu pasang pipa saluran/ sokdrat. Lakukan hal yang sama untuk tutup toplesnya.
Setelah toples berhasil dipasang saluran untuk keluar airnya, maka isi toples dengan media yaitu seperti yang saya sebutkan diatas urutannya.  Untuk carbon aktif, dicuci dulu sampai bersih sebelum digunakan. Mencucinya juga cukup disiram dengan air mengalir sampai warna air nya tidak hitam lagi. Dan karbon aktif biasanya diganti 6 bulan sekali. Kemudian pasang selang yang telah dihubungkan dengan powerhead ditutup toples. Selesai deh. Nih penampakannya ya gan.




Filter buatan sendiri ini lumayan bertahan lama, akuarium saya masih bersih dan bening udah 1 bulan. Hanya saya ganti air 50% dari volume awal selama 1 minggu sekali.




* gambar karbon aktif dari http://filterpenyaringair.com/karbon-aktif/ ..



Komentar

  1. gan itu airnya apa gk meluber smpai ke atas.,?

    BalasHapus
  2. pengalaman saya pake filter itu sih blm prnh luber gan... prnh airnya tinggi d filterny,tp g smpe luber

    BalasHapus
  3. Kl beli karbon aktif dmn ya gan...?

    BalasHapus
  4. Kl beli karbon aktif dmn ya gan...?

    BalasHapus
  5. Kl beli karbon aktif dmn ya gan...?

    BalasHapus
  6. wahhhh mantap niii,,,, tkz ya gan

    BalasHapus
  7. Beli karbon aktifnya di mana??
    Juga cara nyedot air gmna kan gak pake listrik?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ditoko aquarium banyak gan. by the way, itu pake listrik, sorry ga dijelasin detail.. itu power head buat pompa nya. yg dijelasin diatas itu buat penyaringannya biar air ga gampang keruh

      Hapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  9. Saya bikin ko air di toples habis,air yg di akuarium tidak kesedot

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Proses Rekruitment Di Panasonic Gobel

Mengurangi nyeri saat haid